Mungkin banyak yang bertanya, apa beda ban tubeless dengan ban konvensional yang masih memakai ban dalam? Dan mengapa hanya sedikit orang yang memakai ban tubeless ketimbang ban konvensional?

Jawabannya sederhana, ban tubeless berarti ban tersebut tidak memiliki ban dalam. Lantas apa untung rugi dari ban tubeless dengan ban konvensional tersebut?

Ban tubeless memiliki keunggulan yakni dia dapat mencegah kempes tiba-tiba saat tertusuk paku atau benda kecil yang tajam yang berbahaya bagi ban tersebut. Setidaknya dengan begitu anda dapat segera mencari tukang tambal ban tubeless dengan segera, bandingkan bila ban anda kempes tiba-tiba dan itu membuat anda harus berjalan mencari-cari tukang tambal ban untuk menambal ban tersebut jika anda memakai ban konvensional. Selain memakan waktu untuk mencari serta memakan waktu pula untuk menambal ban dalam tersebut, ditambah lagi bibir velg kendaraan kita terutama untuk yang memakai velg racing bisa menjadi baret-baret karena harus melepas ban luar dahulu (yang mana prosesnya memang selalu kasar).

Namun dibalik kelebihannya, ban Tubeless tersebut juga memiliki kelemahan, yakni bila ban tubeless tersebut sudah mulai kempes sampai habis anginnya, kita susah mencari bengkel yang dapat menambal ban tubeless tersebut jika sudah bocor. Ditambah biasanya harganya lebih mahal ketimbang ban konvensional dikarenakan kelebihan-kelebihan yang terdapat pada ban tubeless tersebut.

Dianjurkan bagi pemilik motor (biasanya) untuk memakai ban tubeless tersebut, selain memiliki kelebihan, setidaknya kita tidak akan direpotkan oleh kekurangan yang terdapat pada pemakaian ban konvensional tersebut