Untuk memilih filter oli yang cocok digunakan untuk kendaraan perhatikan beberapa hal dibawah ini :

1. Pilih saringan oli dengan mencocokkan ulir saringan dan diameter paking.

2. Kontrol apakah saringan oli lama dilengkapi dengan katup “ by-pass “ atau tidak.

filter oil

Fungsi katup by pass ; katup ini terbuka pada saat oli masih dingin ( kental ) atau apabila saringan oli tersumbat. Tempat katup terletak didalam saringan atau dirumah sambungannya

3. Kontrol perlu tidaknya katup anti-balik didalam saringan oli dengan melihat posisi pengikatan saringan oli terhadap motor. Jika posisi pengikatan horisontal atau sambungan saringan dibawah, maka saringan oli harus dilengkapi dengan katup anti-balik.

filter oil

Kalau pada saringan tidak ada katup anti-balik dan posisi saringan horisontal atau sambungan saringan horisontal atau sambungan saringan ke motor terletak dibawah, maka pada saat motor mati, oli didalam saringan dapat kembali ke karter. Dan bila motor dihidupkan, beberapa saat masih belum ada tekanan dalam sistem pelumasan, karena oli yang mengalir harus mengisi saringan terlebih dahulu. Pada posisi pemasangan seperti diatas, diperluhkan katup anti-balik yang mencegah oli kembali dari saringan ke karter. Katup anti-balik biasanya terdiri dari ring karet bersama ring baja berbentuk piring. Ring tersebut berfungsi sebagai pegas.

PinboardShare/Bookmark