Ketika mengendarai mobil kemudi harus memberikan gerakan  yang stabil dan halus ketika bermanuver. Roda kemudi terletak pada ujung  kolom kemudi yang menempel pada dashboard dan sasis mobil. Di dalam kolom kemudi ada batang logam yang disebut poros utama yang berguna untuk meneruskan putaran roda kemudi  ke rack dan pinion yang selanjutnya menuju  rack end kemudian tie-rod lalu ke roda agar dapat berbelok kanan atau kiri . Suspensi memainkan peran penting untuk mengontrol gerakdan roda depan dan belakang, baik horizontal dan vertikal

 

image Adakalanya kita merasakan getaran pada roda kemudi, ini terjadi akibat ada keausan dari beberapa komponen yang ada pada roda depan.

Pemecahan masalahnya :

  • Untuk penggerak roda depan perlu dilihat CV-Joint, jika dicurigai terjadi keausan perlu diganti yang baru.
  • Rotor Rem, untuk penggunaan yang extreem seperti balapan, pengereman yang keras akan memicu panas yang besar akibatnya rotor rem bisa bengkok. Hal ini akan terasa getaran pada kemudi saat kita mengerem, karena sepatu rem tidak dapat bergerak bebas.
  • Periksa Upper balljoint dan Lower Balljoint, ini juga memicu getaran pada kemudi
  • Check Engine mounting, komponen ini terbuat dari karet jika sudah terjadi keretakan pada karet getaran mesin tidak dapat terserap oleh karet, hal ini dapat juga terasa getaran pada kemudi.