Ketika akan menghentikan kendaraan, kita perlu menginjak kopling untuk memisahkan tenaga dari mesin menuju ke transmisi, jika tidak maka mesin akan terhenti (stall). Hal ini berbeda jika kita menggunakan transmisi otomatis, dimana ada unit torsi konverter yang memisahkan mesin dengan transmisi. Dalam kopling manual, unit terdiri dari cakram kopling, pressure plate, throw out dan bantalan pilot.

image

Sebuah transmisi otomatis merupakan unit yang lebih ringan dibanding dengan transmisi biasa, unit ini dibautkan secara langsung  ke torque converter dan kadang-kadang transmisi otomatik disebut sebagai piring fleksibel. Didalam transmisi manual roda gila dibuat lebih berat untuk membantu momen inersia mesin dan membuat pergerakan halus. Plat kopling diletakan antara cakram kopling dan roda gila (fly wheel). Berikut ini  merupakan panduan untuk membantu diagnosis dan prosedur perbaikan untuk masalah kopling yang paling umum.

  • Periksa Fluida Kopling – Beberapa mobil yang dibuat dengan sistem kopling hidrolik. Ini berarti ada minyak rem yang digunakan sebagai fluida hidrolik untuk mengoperasikan sistem aktuasi kopling. Periksa level cairan, jika cairan yang rendah atau hilang Anda mungkin memiliki kebocoran. Sistem aktuasi kopling tidak akan bekerja tanpa cairan. Periksa master silinder kopling dar kebocoran. (Catatan: memeriksa di bawah dasbor menuju bagian belakang dari master kopling, itu adalah umum bagi kebocoran terjadi di sini).
  • Plat Kopliing – jika plat kopling rusak, kendaraan diinjak gasnya tapi larinya tidak bisa kencang ini diakibatkan selipnya plat kopling.
  • Master Kopling Silinder  – Beberapa kendaraan yang dilengkapi dengan master silinder kopling yang mengubah tekanan kaki Anda untuk tekanan hidrolik. . Jika kerja master silinder kopling ini gagal maka pengoperasian tidak kopling bisa, gigi tak bisa masuk.
  • Kabel Kopling rusak – Beberapa kendaraan yang dilengkapi dengan kabel kopling bukan silinder master.  Jika Anda mendorong pedal kopling dan rasanya itu tidak melakukan apa-apa periksa kabel kopling untuk kerusakan.
PinboardShare/Bookmark