Kampas rem mempunyai peran yang penting dalam melindungi keamanan pengemudi. Pemakaian kampas rem yang bagus dan berkualitas menunjang fungsi rem untuk melindungi keselamatan dan keamanan penumpang. Untuk itu butuh ketelitian dan kesabaran untuk memilih kampas rem yang berkualitas dari berbagai pilihan merek. Pilihlah produk yang bermutu dengan memperhatikan hal-hal berikut ini :

  • Pilihlah kampas rem dengan kontur pelat yang halus dan rapi. Hal itu menunjukkan presisi produk dan kinerjanya. Pinggiran pelat yang halus membuat kampas rem bisa bergerak tanpa halangan saat terpasang di kaliper.
  • Pilihlah kampas rem yang memiliki kandungan metal lebih sedikit. Hal itu bisa anda lihat dari warna yang muncul di permukaan. Kandungan metal bisa tampak dari kilauan logam pada permukaan.
  • Jangan memilih kampas rem yang ada goresan-goresan atau serat-seratnya yang keluar jalur. Lapisan kampas harus solid, proses cuttingnya jangan sampai menyebabkan serat-seratnya keluar jalur.
  • Perhatikan marking yang terdapat pada komponen. Dari situ anda akan mendapatkan petunjuk keaslian produk. Kampas rem yang asli pada umumnya ditandai oleh kode produksi yang dicetak rapi. Misalnya dalam bentuk ketrikan atau embos.
  • Perhatikan dengan baik kondisi kampas rem, jangan sampai anda membeli yang retak.