Pertanyaan zufri: accu mobil suka drop?

Saya punya mobil Hilux 1994 Disel. Accu nya sering drop kalau saya sehabis jalan dengan kondisi AC dan Tape juga hidup ,kalau saya berhenti dan mesin langsung saya matikan itu kalau saya mau start lagi biasanya accu nya ngak kuat lagi untuk start sehingga kalu mau di hidupkan mesti mendorong. tapi kalau habis jalan ( sewaktu jalan pakai AC dan Tape ) AC dan tape saya matikan dan saya biarkan mobil itu hidup untuk beberapa menit baru di matikan biasanya kalau nanti mau di start lagi itu accunya kuat untuk start. Yang mau saya tanyakan apakah ini problemnya di ACCU atau di Altenator ( dinamo cass ).Tolong dong informasinya bagi yang tau . Thanks.

Jawaban :

Answer by Gue D
Yang Pertamakali anda lakukan, coba anda ukur berapa besaran pengisian dari alternator anda ke aki. besaran normalnya adalah di angka 13,7 volt. Dalam kondisi tanpa beban. Jika semua beban listrik di aktifkan yakni lampu besar, beam, A.C, Audio… Besaran pengisian haruslah berkurang menjadi sekitar 12,7 volt.

Kalau kondisi ini tidak tercapai ada beberapa kemungkinan yang terjadi dalam sistem pengisian kelistrikan mobil anda, biasanya:
1. Cut Out Regulator yang lemah.. Pada mobil yang tidak lagi menggunakan alat ini, fungsi alat ini digantikan dengan I.C. yang terdapat didalam rangkaian bangunan unit alternator anda.
2. Accu anda sudah tidak lagi sehat. Dalam pengertiannya ada beberapa sell dalam battery anda yang sudah tidak lagi bekerja dengan baik.

Untuk memastikan hal ini sebaiknya anda hubungi bengkel kepercayaan anda. Terimakasih.

Bagaimana menurut Anda? Silakan Jawab di kolom komentar!