Pertanyaan Ardian: Ciri-ciri mesin korekan?

Begini teman-teman, keponakan saya barusan membeli motor bekas, tapi ada desas-desus kalau motor keponakan saya itu pernah dikorek.

1. Sebenarnya apa sih yang dimaksud korekan??
2. Lalu komponen apa saja yang telah mengalami perubahan (diseting)?? komponen apa aja???
3. Apakah ciri-ciri mesin korekan?? yang bisa dilihat/didengar?
4. Apakah mesin korekan rawan kerusakan??
5. Supaya kondisi mesin korekan bisa dibuat standar kembali, apa saja komponen yang harus diganti?

Soalnya keponakan saya kuatir kalau ternyata motornya memang ternyata bekas korekan, jadi ketipu gimana gitu?? mohon bantuanya????

Sorry kalo nanya kebanyakan, soalnya saya tidak paham bab otomotif.

terima kasih.
motor keponakan saya satria FU
Selain oversize piston dan reamer karbu adalagi ciri-ciri korekan lain?? biar full teridentifikasi gitu??

Jawaban :

Answer by rifan -
ciri motor korekan biasanya sih suara mesin agak kasar.
tapi untuk memastikan itu korekan atau nggak,di bawa ke bengkel,lalu suruh membongkar blok silinder,jika ukuran piston sudah tidak standar berarti motor tsb sudah di korek.ciri2nya di ujung piston ada tulisan angka besar oversize,misal 50. bukan hanya itu saja,diameter venturi karburator apakah masih standar atau gk.jika diameternya berubah,berarti udah di reamer.
bila udah terlanjur di beli,mengembalikan ke ukuran normal,jalan satu2 beli blok silinder baru+piston beserta ring.
tapi kalo blok tsb masih bs di oversize km pake dulu blok itu,km tinggal beli ukuran piston sesuai ukuran blok yg di oversize.

Tambahkan jawaban Anda sendiri di komentar!