Pertanyaan : Mesin tv china yg bikin pusing,.hel?

temen2 aku ada mesin tv nh,.bantuin y,.

1.ada mesin tv jadul yg menggunakan ic TA8690AN dan TMP47C837N ,.tv nh gk mw start/0n mskipun semua tegangan normal,.waktu t perkosa ntk power on dng men-jumper tr kecil bisa on tapi cm ada blue back doang,.osd+suara+tombol gk berfungsi semua,.flyback nyala dan tegangan out yg dihasilkan normal semua

2.ada lagi nh mesin china yg menggunakan ic LA76818 dan LC863329A kasusnya sama,tdk mau on meskipun tegangan normal,wkt t paksa ntk power on bisa tp cm ada garis horisontal warna merah,stlh t oprek bagian vert. gambar bisa mbukak dng garis blanking dan layar tetep berwarna merah,.suara+osd juga tdk ada,.

ke-2 mesin tsb rusak apanya boz,.help

Jawaban :

Answer by Henkie
TV apapun sistim nya sama.
Kalau selalu standby itu berarti ada beban berat yang dialami power supplynya.
Umumnya yang membebani berat adalah adanya kerusakan di transistor power horizontal atau IC power vertikal.
Untuk mengetahui yang mana, matikan dan cabut transistor power horizontalnya.
Hidupkan kembali.
Kalau sekarang posisi standby berubah menjadi normal (tentunya TV masih mati), maka itu dikarenakan transistor itu yang rusak. Coba ganti.
Kalau sekarang posisinya tetap di standby, matikan, pasang kembali transistornya dan sekarang lepaskan IC power Vertikalnya.
Kalau sekarang posisi standby berubah menjadi normal (mungkin pada layar TV ada garis terang horizontal), maka IC tersebut rusak. Coba ganti.
Seharusnya semua sudah bekerja normal.

Nah, kalau sudah diperiksa semua bekeja baik, namun tetap standby, coba periksa resistor Emitter dari transistor power, power supplynya dari kemungkinan nilainya sudah melar.
Pada prinsipnya resistor Emitter yang terhubung ke minusnya 310 volt DC ini, akan dilalui oleh arus yang sama antara Collector dan Emitter. Tegangan yang terbangkitkan pada resistor Emitter ini akan di amati oleh rangkaian pendeteksi arus lebih, yang kalau arusnya lebih dari sekian amper atau tegangan pada resistor Emitter ini lebih dari sekian volt, maka labar pulsa yang diberikan ke Base transistor power akan dipersempit, sehingga arusnya turun dan menjadi posisi standby.
Beberapa rangkaian power supply akan mencoba untuk melebarkan pulsanya dan menyebabkan status kembali normal dan kalau tidak lebih dari batas tegangannya, akan terus normal.
Namun kalau ternyata tegangannya berlebih lagi, maka akan di standbykan lagi, sehingga ada rangkaian power supply yang standby, on, standby, on dan seterusnya.
Ada juga yang setelah sekian kali terjadi, langsung power supply di matikan total, sampai tegangan 310 volt DC kasar di kapasitor reservoir habis, baru bisa di on untuk standby lagi.
Jadi kalau nilai resistor tersebut melar, maka ada arus besar sedikit saja, tegangannya sudah tinggi sehingga di standbykan.
Namun hati-hati, jangan mengubah nilai resistor itu ke nilai yang lebih kecil dari yang seharusnya, karena akan berakibat justru transistor powernya jebol.

Untuk masalah yang kedua, berarti jelas ada masalah di rangkaian vertikalnya.
Coba cabut IC Power vertikalnya, maka seharusnya sekarang gambar hanya ada garis horizontal terang dan suara akan muncul.
OSD pasti tidak terlihat karena ada di garis horizontalnya.

Tahu lebih baik? Tinggalkan jawaban Anda sendiri di komentar!

PinboardShare/Bookmark