Pertanyaan : Stiker kap mesin karbon?

gini, ane ada project mau nambah aksesoris digerobak picanto merah ane. pilihan ane jatuh pada penambahan aksesoris stiker karbon pada kap mesin. ane kepingin kap mesin ditempelin stiker model karbon cuman yang aksen karbonnya kerasa kalo diraba tangan (ada yang bilang namanya ‘film’ entah kebenaran istilahnya apa). stikernya warna item, habisnya kalo ganti pake kap karbon mahal buang2 uang.
nah muncul pertanyaan:
1. apa resikonya kalo kap mesin ane tempelin stiker karbon?
2. pengaruh gak tuh ke pelepasan panas mesin ane? atau malah kompartemen mesin jadi lebih panas karena pengaruh stiker itu?
3. pada saatnya itu stiker dilepas nanti, bakalan belang gak tuuh? atau malah lem stiker gak bisa lepas dari kap?
4. atau malahh stiker gampang copot/ ngelotok sendiri gara2 kepanasan terus dengan intensitas tinggi dari mesin?

thanks gan..

Jawaban :

Answer by Daru
1. Tidak ada resiko apapun menempelkan stiker karbon pada kap mesin.
2. Tidak akan ada pengaruh soal pelepasan panas.
3 dan 4. Jika yang dipasang hanya di kap mesinnya saja, dalam waktu 6 bulan bisa dipastikan warna bakal belang dan berbeda dengan bagian bodi yang tidak ditempelkan stiker. Sebelum memasang stiker, tanya dulu ke tukang stikernya mutu dari stiker itu sendiri, yg bagus biasanya berbahan dasar vinyl dengan lem yang kuat, tidak gampang ngelotok, namun tidak meninggalkan bekas apabila dicopot.

Saya pengalaman pasang vinyl pada kap mesin Aveo warna merah. Saya pake vinyl di kap mesin selama 1 tahun, begitu dicopot, bener aja, belang, warna jadi beda sama bagian bodi yang lain, warnanya justru lebih gelap (lebih kinclong) karena warna bagian bodi yg lain udah teroksidasi, sedangkan yg ketutup vinyl selama 1 tahun terlindung dari sinar matahari. Selama pake itu saya ngerasa ga ada efek soal panas mesin dsb. Pas dicopot, sisa lem hanya sedikit bgt, di wax sekali langsung ilang.

Tambahkan jawaban Anda sendiri di komentar!