Pertanyaan brs89: Masalah di tangki sepeda motor tipe sport a.k.a motor laki ?!?

Sepeda motor saya Honda seri GL 160.

Masalahnya adalah belakangan ini ketika saya pake motor saya waktu kena jalan tidak rata terdengar suara “kleteng2″ (semacam suara plat besi beradu) dari dalam tangki sepeda motor saya.

Sudah saya cek sebelumnya (sampe saya protolin antara tangki & rangka) di seluruh daerah di sekitar bunyi itu berasal. Saya cek semua bagian-bagian yang dibaut mungkin saja ada yang longgar sehingga membuat bunyi2an tadi.

Dan akhirnya saya simpulkan memang tidak ada lagi, selain memang dari tangki bunyi tadi berasal.

Lalu saya sudah coba kuras tangki nya, lalu saya goyang2. Anehnya kok cuma terdengar suara “tuckh2″ (seperti suara barang dari karet plastik beradu dengan plat besi). Saya bingung, lantas suara plat beradu waktu itu dari mana?

Setahu saya kalo suara plastik beradu dengan plat besi ini kira2 suara sensor volume bensin yang terantuk plat besi tangki.

Lalu saya kembalikan lagi semuanya, dan saya isikan lagi bensin ke tangki, kemudian saya coba pake jalan. Eh suara itu (suara plat beradu) muncul lagi dan semakin kerasa. Padahal sudah saya cek semua bagian dari motor saya dan saya semakin yakin ini pasti dari tangki suaranya.

Lalu saya coba bawa ke bengkel, kata mekaniknya itu hal biasa kalo motornya sudah berumur.

Pertanyaan saya :

1. Menurut sodara suara plat beradu dari tangki motor saya disebabkan oleh apa?

2. Mengapa saat saya kuras trus saya kocok2 tangkinya cuma ada suara semacam plastik beradu dengan plat? (semestinya kan semakin kerasa suara plat beradunya?)

3. Apa benar hal ini memang normal terjadi? (Umur motor saya sudah 4,5 tahun)

4. Solusi apa yang sodara tawarkan untuk mengatasi masalah pada tangki saya ini? Apa penggantian sensor volume bensin bisa menghilangkan suara tadi?

nb: waktu saya kuras tangki bensin saya, ternyata masih sangat bersih, tidak ada endapan kotoran dan dinding2 tangkinya tidak ada yang berkarat (saya selalu menggunakan bahan bakar beroktan 92 sejak 1 tahun belakangan)

Mohon bantuannya yah, kok bisa kondisi jeroan tangki saya bersih tidak ada tanda2 keropos karena karat kok malah bisa terjadi masalah bunyi2an ini.

Reward best answers + ( * * * * * ) buat yang jawabannya paling baik :)

Thx guys…

Jawaban :

Answer by igun
Pertanyaan yang panjang… Well.. to the point aja ya.
- Tutup tangki, karetnya mengeras, so terjadi getaran dan ketika motor terguncang terjadi benturan antar logam tutup tangki dan lobang mulut tutup tangkinya.
- Tangki di pegang 2 buah braket karet di depan, dan di ikat 1 buah baut di belakang. Bila baut ini kendur maka tangki bergerak, pergerakannya ini lama-lama merusak 2buah braket karet tersebut, braket karet jadi tidak presisi memegang tangki, menyebabkan tangki bisa bergeser ke kiri dan ke kanan, selama bergeser karena guncangan keras maka akan terjadi benturan antara logam pemegang braket karet(posisi di kiri kanan tangki bagian dalam depan berbentuk plat logam “U”) dan center bone chasis.
- Bila bunyi relatif tidak nyaring itu berasal dari kawat pemegang pelampung indikator bensin di dalam tangki yang sudah aus, terantuk dengan plat tangki ketika menerima guncangan keras.
- Faktor dari luar tangki, seperti kabel gas(melewati bawah tangki), baut pemegang mesin bagian atas kendur dan beradu dengan plat tangki bagian bawah sisi dalam atau juga salah satu dari 2 buah baut pemegang coil pengapian kendur.

Udah itu saja…

Tahu lebih baik? Tinggalkan jawaban Anda sendiri di komentar!

PinboardShare/Bookmark