Langkah kerja

· Lepas rumah saringan udara dan kontrol pengikatan karburator dengan cara menggoyangkan dengan tangan. Keraskan baut-baut pada tutup karburato, bagian katup gas, flens dan pada manifold masuk.

· Periksa fungsi mekanisme padal gas. Gerakan pedal gas tidak boleh berat, dan pedal gas harus kembali ke posisi idle dengan sendiri. Kontrol kondisi ujung-ujung kabel dan pegas-pegas pengembali !

· Bila mobil dilengkapi mekanisme penggerak katup gas yang menggunakan batang-batang, lumasi pada engsel-engselnya.

· Periksa keausan pada poros-poros katup gas. Goyangkan dengan tangan pada ujung poros. Jika kebebasan radial besar, unit katup gas harus dioverhoul atau diganti.

 

image

· Periksa pompa percepatan. Lihat ke nosel penyemprot diatas venturi pada ruang pencampur tingkat 1. Buka katup gas sedikit, dalam waktu bersamaan bensin harus mulai menyemprot.

image

 

Jika penyemprotan bensin terlambat, sistem percepatan harus diperbaiki.

———————————————————————————————————-

Pemeriksaan & penyetelan kabel gas

· Pada saat pedal gas ditekan penuh, katup gas tingkat 1 harus terbuka penuh sampai pembatasnya

image

· Pada saat idle ( pedal dilepas ) harus ada sedikit kelonggaran pada kabel gas, supaya katup gas dapat mencapai pembatas sekrup penyetel idle dengan aman

image

——————————————————————————————————————————–

Pemeriksaan & penyetelan sistem cuk

image

· Kembalikan tombol cuk dan kontrol apakah katup cuk membuka penuh ( B )

· Jika penyetelan kabel cuk tidak sesuai, stel pada klem kabel.

image

· Tarik tombol cuk setengah langkah, hidupkan motor dan kontrol penambahan putarannya yang disebut putaran start dingin. Bila putaran motor tidak antara 1000 – 1500 rpm, stel pada sekrup penyetel yang terletak pada mekanisme katup gas.

image

—————————————————————————————————————————————

PinboardShare/Bookmark