Lakukan penyetelan, perbaikan dan pengantian piranti yang perlu jika ditemui keausan atau kerusakan berlebihan selama pemeriksaan.

a. Pelat tekanan

Periksa secara visual permukaan gesekan pelat tekanan jika kemungkinan ada keausan berlebihan dan retakan karena panas (heat crack). apabila ada keausan berlebihanatau retakan akibat panas terlalu dalam pelat harus diganti.

kopling

b. Warpage pelat tekanan

Gunakan penggaris yang lurus dan feeler gauge untuk menukur kerataan permukaan gesekan pelat tekanan pada keempat arah. Apabila nilai yang diukur melebihi batas yang telah ditetapkan palat tekanan harus diganti.

kopling

c. Tutup Kopling (clutch cover)

Secara visual periksa tutp kopling jika kemungkinan ada berlebihan keausan, retakan, dan kerusakan yang lainnya. Tutup kopling harus diganti jika ditemukan salah satu kondisi-kondisi seperti abrasi, goresan, retakan dan bengkok pada permukaan gesek ke cakram, paku keling yang longgar dan keausan cincin. Gerinda goresan yang kecil atau ganti komponen jika ditemukan goresan yang berebihan.

kopling

d. Ketinggian jari pegas diafragma

  • Tempatkan spacer yang sesuai di bawah pelat tekanan.
  • Menekan terus pelat penekan dan pegas diafragma. Cara untuk melakukannya yaitu menggunakan kunci penekan untuk menekan ke bawah komponen dari atas dan mengencangkan fixing bolts
  • Mengukur ketinggian spring finger A dari tempatnya ke ujung pegas.
  • Beri Grease serbaguna

kopling

e. Shift Fork

  • Secara visual periksa permukaan shift fork yang bersinggungan denganshft block bila ada keausan dan kerusakan yang berlebihan
  • singkirkan tonjolan atau abrasi pada shift block dengan batu minyak (oil stone). Ganti jika ada kerusakan atau keausan berlebihan.
  • Beri grease jenis serbaguna

kopling machine repair

PinboardShare/Bookmark